simulasi CAT TKD CPNS 2016

Sunday, July 13, 2014

KABUPATEN BAYUMAS Butuh FORMASI GURU CPNS 2014

SIMULASI CAT CPNS 2014Pendaftaran CPNS 2014 Kabupaten BAYUMAS -Adanya rencana pengadaan guru SD lewat jalur penerimaan CPNS di Kabupaten Banyumas pada tahun ini, ternyata belum mampu menutupi kekurangan guru PNS jenjang SD yang terjadi di kabupaten ini.

Susmoro, Kepala Seksi Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan Banyumas, Senin (14/7), mengatakan tahun ini Banyumas hanya mendapatkan alokasi formasi CPNS untuk guru SD sebanyak 27 orang.

Padahal berdasarkan data tahun 2013 lalu, kekurangan guru kelas jenjang SD mencapai sebanyak 1.912 orang. "Jadi kalau dilihat kekurangan yang ada, penambahan jumlah formasi sebanyak 27 orang itu masih sangat kecil," terangnya.

Dia menjelaskan, kekurangan guru kelas SD ini terjadi hampir merata di seluruh sekolah. Artinya hampir sebagian besar SD yang ada di Banyumas mengalami kekurangan guru SD yang berstatus sebagai PNS. "Namun kekurangan guru jenjang SD yang paling banyak ada di wilayah UPK Cilongok. Ini disebabkan jumlah SD di wilayah tersebut memang banyak," kata dia.

Menurutnya, saat ini rata-rata SD di Kabupaten Banyumas memiliki 4 sampai 5 guru kelas yang berstatus sebagai PNS. Bahkan kepala sekolah tidak sedikit yang juga merangkap sebagai guru. Beruntung kekurangan guru kelas tersebut, saat ini masih dapat ditopang dengan keberadaan guru wiyata bakti atau honorer yang mengabdi di sekolah itu.

"Keberadaan guru WB yang saat ini jumlahnya cukup banyak ini, ternyata cukup membantu dalam mengatasi persoalan kekurangan guru SD yang terjadi di Banyumas sekarang," ujar dia.

Dia menambahkan, jumlah guru WB di Kabupaten Banyumas hasil pendataan terakhir tahun 2014 ini mencapai lebih dari 2.300 orang. Mereka mengabdi dari jenjang SD hingga SMA. Tetapi yang paling banyak mengabdi di jenjang SD.

No comments:

Post a Comment

Archive