simulasi CAT TKD CPNS 2016

Wednesday, September 17, 2014

Sistim Ujian TES CAT CPNS 2014 TRANSFARAN dan Lebih Cepat

Sistim Ujian TES CAT CPNS 2014 TRANSFARAN--Pendaftaran Tes CAT penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) diklaim pemerintah mencegah tindak kecurangan. Apalagi penyelenggaraan ujian CPNS langsung dilakukan oleh pemerintah pusat.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir mengatakan, Sistim Ujian TES CAT CPNS 2014 TRANSFARAN  sistem CAT memungkinkan hasil ujian diketahui lebih cepat dari sistem manual. Peserta ujian dapat langsung mengetahui dirinya lolos tes seleksi penerimaan pegawai atau tidak lewat sistem CAT.


"CAT tak mungkin bisa dicurangi, sekalipun itu kepala daerah atau menteri tidak bisa mengintervensi hasil ujian. CAT menggunakan sistem online , jadi tidak ada peserta yang akan berhadapan langsung antar muka dengan panitia," kata Muzakir, Rabu (17/9/2014).


Ia menerangkan, Sistim Ujian TES CAT CPNS 2014 TRANSFARAN  pemerintah pusat berwenang penuh terhadap penerimaan pegawai negeri. Tak seperti tahun sebelumnya, pemerintah daerah menjadi penyelenggara ujian masuk.


Perubahan penyelenggaraan ujian ini kata Muzakir merupakan buntut dari carut marutnya dan berbagai dugaan manipulasi penerimaan CPNS. "Tes CPNS mulai tahun ini diselenggarakan oleh pusat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan oleh daerah. Ini akibat tidak percayanya pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah. Terlepas apakah di pusat itu sudah bagus atau tidak, ya Allahualam. Tapi kalau berdasarkan proses yang telah diuji coba, saya kira tidak bisa ada kecurangan," paparnya.


Menanggapi oknum pejabat daerah yang dituduh membawa uang suap CPNS, Muzakir enggan berkomentar banyak. Hanya, dirinya meminta masyarakat menolak janji oknum yang menjanjikan lolos CPNS lewat membayar sejumlah uang. Menurut Muzakir, masyarakat harus memahami celah itu sulit dilakukan.


"Jangan terpancing karena ada saja orang mencari keuntungan dan mengambil kesempatan. Oknum itu menjanjikan bisa memasukkan seseorang menjadi PNS melalui perantara oknum di Kementerian. Logikanya dari mana dan ke siapa uang itu akan diberikan, karena sistem ujian sudah menggunakan sistem online CAT," terangnya.


Sistim Ujian TES CAT CPNS 2014 TRANSFARAN  Menurut Muzakir, umumunya pelaku penipuan penerimaan CPNS menyasar masyarakat di daerah dan golongan menengah. "Wajar saja kalau orang ingin jadi PNS, tapi harusnya dengan cara yang wajar pula. Saya ini kepala BKD, dua anak saya tidak ada yang jadi PNS dan mungkin orang akan lebih percaya misalkan saya menjanjikan untuk bisa memasukkan orang jadi PNS. Tapi kan saya tidak bisa," imbuhnya.


Dari data BKD Sumsel, sejauh ini jumlah pendaftar tes CPNS 2014 mencapai 32.723 orang. Sistim Ujian TES CAT CPNS 2014 TRANSFARAN  Yang berasal dari delapan Kabupaten dan Kota se-Sumsel. Menurutnya, angka itu akan bertambah dari Muratara, OKU dan OKU Selatan yang masih dalam rekalpitulasi hingga akhir pendaftaran 22 September mendatang.


"Pelamar di Pagaralam mencapai 1.050 orang, Lubuklinggau 1.000 orang, OKI 1.700 orang, Musi Rawas 5.300 orang, Muara Enim 2.410 orang, Empat Lawang 2.310 orang dan Pali yang paling banyak sementara ini mencapai 18.758 orang. Sedangkan Ogan Ilir hanya 200 pendaftar," tandasnya.

No comments:

Post a Comment

Archive