simulasi CAT TKD CPNS 2016

Monday, September 1, 2014

Panselnas.menpan.go.id CPNS 2014: Formasi INSTANSI PUSAT Menjadi Paforit Pelamar Daerah

Lowongan CPNS 2014 ---Penerimaan CPNS 2014 ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia untuk menjadi PegawaiNegeri Sipil di Pusat atau pun di daerah. Namun demikian, sejumlah pelamar mengaku masih lebih percaya dengan proses seleksi di Instansi pusat dibandingkan dengan seleksi di Daerah. Para pendaftar tersebut sebagian masih meragukan integritas pemerintah daerah dalam rekrutmen pegawai, nmeskipun sistem computer assisted test CAT sudah digunakan.


Via, salah seorang pelamar CPNS tahun 2014 mengaku lebih memilih intansi pusat dibandingkan dengan daerah, “Enggak ah, saya pilih instansi pusat saja. Lebih objektif dan transparan,” ujarnya Senin (1/9).


Hal yang sama juga diungkapkan Rangga. Mahasiswa lulusan Universitas Padjajaran ini mengaku memilih melamar di Kementerian Lingkungan Hidup ketimbang di daerah meski formasi yang disiapkan tidak banyak.


“Rasanya puas saja kalau bisa bersaing secara sehat di instansi pusat. Tidak lolos pun tidak apa-apa, yang penting sudah ikut tes CAT yang objektif,” terangnya.


Via dan Rangga termasuk pelamar yang tidak mempercayai penyelenggaran seleksi rekrutmen pegawai oleh daerah. Alasannya jika di daerah, hasil tes-nya masih rentan dimanupulasi. Terlebih tes kompetensi bidang (TKB) yang bisa dimainkan datanya oleh pemerintah daerah.


Apa yang disampaikan oleh kedua calon pelamar CPNS ini cukup beralasan, sebab pada tahun-tahun sebelumnya, banyak kasus kecurangan yang terjadi pada rekrutmen CPNS di daerah.


“Kalau di pusat tesnya lebih transparan. Di daerah masih diragukan karena bisa diutak-atik lagi. Tidak diawasi langsung dari pusat lagi,” ujar keduanya.


Dan ternyata, solusi berupa pendaftaran secara online terpusat dan tes dengan system CAT belum dapat membuat para calon pelamar ini yakin dengan mekanisme rekrutmen di daerah.

No comments:

Post a Comment

Archive