simulasi CAT TKD CPNS 2016

Tuesday, September 16, 2014

Formasi Calon Praja IPDN KUPANG 71 orang

71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG-- Propinsi NTT, mendapat jatah 71 orang untuk calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014.


Saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT sedang melakukan seleksi pada tahapan tes kesehatan.


Kepala BKD NTT, Emanuel Kara kepada Pos Kupang di sela-sela pendaftaran calon praja IPDN di Kantor BKD NTT, Selasa (16/9/2014) mengatakan, 71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG dari 324 peserta yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti tes Psikologi, hanya 140 orang yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes kesehatan.


"Kuota kita tahun ini 71 orang. Yang akan ikut tes kesehatan saat ini 140 orang. Setelah tes 71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG kesehatan, semua peserta akan mengikuti penentuan terakhir di IPDN Jati Nangor," jelasnya.


Selanjutnya, 71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG kata Kara, bagi peserta yang lulus tes kesehatan akan mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) dengan system Computer Asisted Test (CAT) layaknya tes CPNS.


"Tes kesehatan ini selama tiga hari mulai tanggal 17-19 september. Setelah itu akan ada TKD dengan system CAT," jelasnya.


Tentang 71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG biaya tes psikologi Rp 450.000 perorang dan tes kesehatan Rp 1.100.00 per peserta, Kara mengatakan semua biaya itu ditentukan dari pusat dan pihaknya sebagai penyelenggara hanya menjalankan.


"Biaya psikotes, Rp 450 ribu ditentukan dari pusat. Untuk tes kesehatan dan samapta, Rp 1.100.000, biaya ini dari Rumah sakit bhayangkara (RSB) yang hitung," jelasnya.


Ditanya soal pengumuman penerimaan calon IPDN yang terkesan tidak terbuka, Kara mengakui bahwa informasi itu sangat terbatas dan hal ini bisa dilihat dari kurangnya peserta yang mendaftar dan lebih banyak peserta berasal dari Kota Kupang.


Dikatakannya, 71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG dengan system CAT di tahun ini, semua peserta memiliki peluang yang sama untuk menjadi praja IPDN. Dia berjanji akan mengingatkan panitia tes kesehatan agar tidak terjadi lagi kasus serupa dengan Casis Polwan yang hamil tapi lolos seleksi.


"Tidak ada jatah anak pejabat, 71 Formasi Calon Praja IPDN KUPANG tahun-tahun sebelumnya mungkin saja tetapi sekarang bukan lagi jatah pejabat, karena sistem cat ini memberi peluang untuk semua," katanya.


Untuk TKD, demikian Kara, akan digelar di Kampus Politeknik Negeri Kupang selama tiga hari sejak tanggal 27-29 September 2014.*

No comments:

Post a Comment

Archive