simulasi CAT TKD CPNS 2016

Monday, September 16, 2013

Kementrian Agama dan Kementrian dalam Negeri membuka Lowongan CPNS 2013

Pengumuman CPNS 2013- Berbagai lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terus dibuka. Kali ini, dua kementerian, yaitu Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri membuka banyak lowongan.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Senin (16/9/2013), Kementerian Agama membuka pendaftaran 396 CPNS dari berbagai lulusan untuk mengisi lowongan dosen dan laboran untuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)/ dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) di sejumlah daerah.

Pendaftaran CPNS untuk dosen dan laboran ini dimulai 14-28 September 2013.

Formasi untuk CPNS dosen dan laboran ini tersedia untuk IAIN Ar Raniry Banda Aceh; IAIN Raden Fatah Palembang; IAIN Surakarta; IAIN Sunan Ampel Surabaya; IAIN Bengkulu; STAIN Padang Sidempuan; STAIN Tulungagung; STAIN Pontianak; STAIN Datikorama Palu; STAIN Ternate; STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Utara; dan STAKN Kupang.

Pendaftaran melalui situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 14-28 September 2013.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah:
a. Berusia 18-35 tahun pada 31 Desember 2013, bagi yang bekerja di instansi pemerintah atau lembaga swasta berusia 35-40 tahun;
b. Memiliki IP minimal 2,75 (S1), Magister/Master (S2) minimal 3,0, dan Doktor (S3) minimal 3,0;
c. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
d. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri;
e. Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol.

Pelamar harus mengirim surat lamaran tertulis ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia, dengan menyertakan print out tanda bukti pendaftaran CPNS online tahun 2013, fotokopi ijazah, transkrip nilai, dua lembar pasfoto 4X6 cm, fotokopi KTP, amplop balasan berperangko kilat dengan nama, alamat dan kode pos. Pelamar harus mencantumkan satuan kerja yang diinginkan dan pekerjaan yang dilamar pada sudut kiri amplop.

Surat lamaran tersebut dikirim melalui jasa pos kepada Panitia Pangadaan CPNS Kementerian Agama pada perguruan tinggi yang dituju, sesuai alamat satuan kerja yang dilamar (alamat tempat mendaftar/melamar/PO BOX terlampir) selambat-lambatnya 28 September 2013.

Seluruh proses rekrutmen CPNS di Kementerian Agama tidak dipungut biaya, dan keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Kemudian Kementerian Dalam Negeri membuka kesempatan lulusan program Diploma III (D3), lulusan program Sarjana (S1) dan lulusan program Pasca Sarjana (S2) untuk menjadi CPNS di lingkungan Kemendagri, dengan berbagai formasi jabatan.

Formasi CPNS di Kemendagri ini menerima 41 lulusan S2 Administrasi Publik, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Kebijakan Publik, Manajemen Pendidikan, Perencanaan Pembangunan, Perencanaan Pembangunan, Sosiatri, Sosiologi, dan Teknik Sipil.

Adapun lulusan S1 yang dibutuhkan adalah, lulusan program studi Administrasi Negara, Bahasa Inggris, Demografi, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Geografi, Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Sosiatri, Sosiologi, dan Teknik Industri.

Lulusan D3 yang dibutuhkan Kemendagri adalah program studi Ekonomi Akuntansi, Tehnik Komputer, atau Sistem Manajemen Informatika.

Syarat khusus untuk pelamar CPNS Kemendagri adalah:
a. Usia per tanggal 1 Desember 2013 paling tinggi 30 tahun (untuk D3) dan 35 tahun (S1 dan S2);
b. IPK minimal 2,90 bagi lulusan D3 dan S1, dan 3,20 bagi lulusan S2;
c. Memiliki TOEFL 400 atau IELTS minimal 4 per Oktober 2013.

Pendaftaran online dilaksanakan pada 16 September-20 September 2013, dan berkas lamaran diterima pada 17 September-2 Oktober 2013.

Selengkapnya formasi dana tata cara pengisian seleksi penerimaan CPNS di Kemendagri bisa diakses pada www.ppns.kemendagri.go.id.

No comments:

Post a Comment

Archive