simulasi CAT TKD CPNS 2016

Monday, September 16, 2013

BAPPENAS dan BKPM menerima Lowongan CPNS 2013

Penerimaan CPNS 2013- Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga dibuka oleh dua instansi pemerintah yaitu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Boleh dicoba untuk yang berminat.

Seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Senin (16/9/2013), Bappenas membuka kesempatan bagi lulusan sarjana untuk mengisi lowongan 47 CPNS.

Lowongan pekerjaan yang dibuka adalah menjadi Auditor dan Perencana, dengan satu formasi disediakan khusus untuk putra/putri Papua.

Biro Sumber Daya Manusia Kementerian PPN/Bappenas dalam pengumumannya 9 September menyebutkan, lowongan CPNS ini terbuka untuk sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Untuk Magister terbuka 2 lowongan bagi magister ekonomi, dan untuk doktor ada 2 formasi untuk doktor ekonomi, dan 1 formasi doktor sosiologi.

Selain persyaratan umum, ada syarat khusus dalam penerimaan CPNS di Bappenas, yaitu Sarjana (S1) dari Universitas Negeri dengan IPK minimal 3,0, dan Universitas Swasta IPK minimal 3,25; bagi Universitas Swasta harus terakreditasi A, sedang bagi perguruan tinggi luar negeri harus diakui oleh Depdikbud (Surat Tanda Lulus Sementara Tidak Diakui).

Pendaftaran Online melalui htpp://rekrutmen.bappenas.go.id terhitung mulai 11 September, dan pada 1 Oktober akan diumumkan pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.
Seleksi penerimaan CPNS di Bappenas ini akan dilakukan dalam enam tahap tes, yaitu: 1. Seleksi Administrasi; 2. Tes Kemampuan Dasar (TKD); 3. Tes Potensi Akademik (TPA); 4. Tes Bahasa Inggris; 5. Psikotes; dan 6. Tes Wawancara.

Sementara untuk BKPM, dibuka pendaftaran CPNS golongan III untuk lulusan sarjana (S1) berbagai jurusan. Pendaftaran ini untuk menyaring 83 CPNS yang akan menduduki 38 jabatan analis.

Dari 83 formasi, BKPM menyediakan satu formasi untuk penyandang cacat (disabilitas), yaitu untuk satu formasi (ekonomi/komputer/hukum/teknik inromatika).

Bagi pelamar yang berminat dapat menulis dan menandatangani sendiri surat lamaran menggunakan tinta hitam dengan mencantumkan biodata antara lain nama, tempat/tanggal lahir, status perkawinan, alamat jelas, dan nomor telepon/HP yang ditujukan kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal cq. Panitia Pengadaan CPNS BKPM Tahun 2013 Jalam Jenderal Gator Subroto No. 44 Jakarta 12190.

Pelamar mencantumkan pada sudut kiri atas depan amplop lamaran: Jabatan dan kualifikasi pendidikan serta menambah Penyandang Cacat bagi pelamar penyandang cacat.

Surat lamaran harus sudah diterima Panitia Pengadaan CPNS BKPM Tahun 2013 paling lambat 27 September 2013 (bukan tanggal stempel pos/perusahaan jasa pengiriman dokumen).

Masyarakat yang berminat juga dapat mengakses informasi resmi seleksi CPNS BKPM Tahun 2013 di situr BKPM www.bkpm.go.id.
Peserta yang memenuhi syarat dan lulus seleksi/verifikasi administrasi, akan diikutsertakan dalam seleksi tes kompetensi dasar (TKD) sebanyak 1.660 orang. Peserta yang memenuhi nilai passing grade TKD, diikutsertakan dalam tes kompetensi bidang dengan rasio satu formasi berbanding maksimal tiga peserta, berdasarkan rangking tertinggi.

Pengumuman pelamar yang lulus seleksi administratif dan berhak ikut ujian di Gedung BKPM Jakarta, dapat diakses di www.bkpm.go.id pada 7 Oktober 2013.

Ujian seleksi awal dengan TKD melalui computer assisted test (CAT) akan dilaksanakan pada 24-27 Oktober 2013.

Peserta yang lulus dan diangkat menjadi CPNS tidak diperkenankan pindah instansi/keluar dari PNS selama lima tahun yang dinyatakan dalam surat pernyataan bermaterai Rp 6.000.

No comments:

Post a Comment

Archive