simulasi CAT TKD CPNS 2016

Thursday, July 24, 2014

LOWONGAN CPNS 2014 DILAKSANAKAN Secara BERTAHAP

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan untuk tahun ini penetapan formasi CPNS CASN 2014 TAHUN 2015 tidak dapat dilakukan secara serentak. Artinya, setiap lembaga pemerintah yang tahun ini membuka lowongan CPNS 2014 TAHUN 2015 Pegawai Negeri Sipil tidak dapat memberitahukan apa saja lowongan yang dibuka secara bersamaan.

Kemen PAN RB mengumumkan hal itu karena dari 510 instansi pusat dan daerah, baru 400 yang mengajukan usulan rincian formasi. Itupun sebagian besar dokumennya tidak lengkap. Padahal, seperti yang telah diberitakan sebelumnya, MenPAN-RB Azwar Abubakar menyatakan deadline pengajuan rincian formasi untuk CPNS CASN 2014 TAHUN 2015 hanya sampai 24 Juli.

“Hingga hari ini sekitar 400 dari 510 instansi yang rincian formasi CPNS CASN 2014 sudah masuk.

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, menyebutkan, terdapat beberapa permasalahan terkait dengan pengisian rincian jabatan. Antara lain belum semua instansi menyampaikan nama-nama jabatan fungsional yang berlaku di instansi masing-masing.

Masalah lain tentang Formasi Pendaftaran Pembukaan lowongan CPNS CASN 2014 TAHUN 2015  adalah, jabatan yang diusulkan belum tercantum dalam e-Formasi. Padahal penyusunan formasi seharusnya disusun per jabatan,tetapi malah banyak yang disusun berdasarkan unit organisasi.

Agaknya reformasi manajemen penerimaan CPNS CASN tahun 2014 yang serba digital membuat “kagok” sistem di lembaga negara yang sudah terbiasa bertahun-tahun menggunakan cara konvensional.

“Mudah-mudahan bisa beres semua sesuai jadwal yang ditentukan,” kata Setiawan Kamis (24/7)

Masalah lain tentang Formasi Pendaftaran Pembukaan lowongan CPNS CASN 2014 TAHUN 2015, banyak yang belum mengalokasikan untuk jabatan lima persen yang dapat dilamar oleh semua jurusan. Bahkan ada usulan yang belum di tandatangan pejabat pembina kepegawaian. Papar mantan pejabat di Jawa Barat ini.

Sebagai solusi pemecahan masalah tentang Formasi Pendaftaran Pembukaan lowongan CPNS CASN 2014 TAHUN 2015, pemerintah akan menetapkan formasi CPNS secara bertahap. Instansi yang dokumennya sudah benar dan tidak ada masalah langsung ditetapkan. Sedangkan yang masih bermasalah dikembalikan lagi untuk dilengkapi.

“Yang utama kami minta instansi harus memberikan formasi CPNS CASN 2014 TAHUN 2015 lima persen bagi 11 jabatan yang bisa dilamar sarjana dari semua jurusan,” tegasnya.

Seperti diketahui tentang Formasi Pendaftaran Pembukaan lowongan CPNS CASN 2014 TAHUN 2015, terdapat 11 jabatan yang dapat dilamar sarjana dari semua urusan antara lain: Analis Kebijakan, Perencana, Auditor, Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan daerah, Penggerak Swadaya Masyarakat, Widyaiswara, Peneliti, Pekerja sosial, Penyuluh sosial, Perekayasa, dan Pemeriksa.

No comments:

Post a Comment

Archive