simulasi CAT TKD CPNS 2016

Thursday, February 13, 2014

PENGUMUMAN HASIL TES CPNS CASN 2014 HONORER K2 PROVINSI SUMATERA UTARA (SUMUT)


PENGUMUMAN HASIL TES HONORER K2 SUMUT--Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SUMATERA UTARA (SUMUT) dipastikan bakal bertambah banyak. Ini menyusul telah diumumkannya kelulusan honorer kategori dua (K2) di wilayah Sumut, baik untuk Pemprov SUMUT maupun Pemkab/Pemko. Hanya saja, dari 25 kabupaten/kota dan provinsi yang diumumkan itu, honorer K2 untuk Medan justru tak diumumkan. Hingga Kamis (13/2) malam, data kelulusan untuk K2 Medan masih terkesan misterius.

Berdasarkan penelusuran koran ini di website resmi yang digandeng Panselnas untuk mengumumkan kelulusan honorer K2 menjadi CPNS CASN 2014, jumlah total yang lulus di wilayah SUMUT mencapai 6.530 orang.

Masih berdasar data di tampilan pengumuman, yang diumumkan kelulusan CPNS CASN 2014 Honorer K2 dari Pemprov SUMUT ada 19 kabupaten dan enam kota.

Sementara, berdasar rilis resmi Bagian Humas Kemenpan-RB, terdapat 23 kabupaten dan enam Kota di wilayah SUMUT , dengan jumlah CPNS CASN 2014 Honorer K2 yang lulus sebanyak 8.318 orang.

Hingga Kamis (13/2) petang, koran ini belum mendapat keterangan dari pihak KemenPAN-RB mengenai perbedaan data ini. Hanya saja, penelurusan koran ini berulang-ulang di tampilan pengumuman, di website liputan6.com misalnya, untuk wilayah SUMUT hanya ada nama Pemprov Sumut yakni 19 kabupaten, dan enam kota.

Tercatat honorer K2 Langkat paling banyak yang lulus, yakni 544 orang. Disusul Simalungun 514 orang, Serdang Bedagai 399 orang, dan Labuhanbatu 357 orang. Paling sedikit Pemprov Sumut yang hanya 19 orang yang dinyatakan lulus. (selengkapnya lihat grafis)

Untuk nama-nama yang lulus, bisa diakses di sejumlah website, antara lain JPNN.com (grup koran ini).

Pengumuman honorer K2 wilayah SUMUT  ini tidak terduga sebelumnya, mengingat jumlahnya cukup banyak. Sementara, masih ada beberapa daerah lainnya yang jumlah honorernya lebih sedikit, seperti Aceh, belum diumumkan.

Mengapa SUMUT  bisa diumumkan relatif lebih cepat dibanding yang diperkirakan? Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (KIP) KemenPANRB Herman Suryatman menjelaskan, karena data para honorer K2 wilayah SUMUT  valid, sehingga lebih gampang divalidasi.

"Meski honorer K2 Sumut banyak, Panselnas bisa mempercepat pemeriksaan karena datanya banyak yang valid," ujar Herman kepada koran ini di kantornya, kemarin siang.

Dikatakan, lembar jawaban komputer peserta TES CPNS CASN 2014 honorer K2 asal Sumut juga relatif baik dan gampang terbaca komputer.

"Data banyak yang valid sehingga memudahkan Panselnas melakukan validasi, mulai pemeriksaan LJK sampai penentuan afirmasi," imbuhnya lagi.

Di situs resminya, MenPAN-RB Azwar Abubakar malah sudah memastikan bahwa yang lulus ini pasti bakal menjadi PNS. Padahal, sebelumnya sejumlah petinggi Kemenpan-RB dan BKN mengatakan, jika saat pemberkasan NIP ditemukan data manipulasi, maka NIP tak bisa diterbitkan alias kelulusannya dianulir.

"Selamat dan sukses kepada tenaga CPNS CASN 2014  Honorer K2 yang lulus dan otomatis jadi CPNS CASN 2014 Honorer K2," ujar Azwar dalam tayangan ucapan selamat.

Pengumuman CPNS CASN 2014  Honorer K2 asal Sumut kemarin bersamaan dengan pengumuman untuk honorer Riau, Nusa Tenggara Barat, dan lima kabupaten di KALTARA.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah. (BKD) Kota Medan, Lahum Lubis tidak mengetahui alasan mengapa nama-nama peserta ujian tes kemampuan bidang (TKB) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS CASN 2014 kategori Honorer K2 Kota Medan belum diumumkan.

"Tak tahu saya kenapa belum diumumkan, bisa jadi pengumuman secara bertahap dilakukan," ujar Lahum.

Dia memastikan seluruh lembar jawaban dan soal TKD dan TKB CPNS Honorer Honorer K2 tiba dengan utuh di Kantor BKN di Jakarta. Maka dari itu dia membantah jika lembar jawaban peserta honorer K2 hilang atau tidak sampai ke Panselnas.

"Soal dan lembar jawaban tidak sempat bermalam di Kota MEDAN, setelah ujian selesai seluruhnya diterbangkan ke Jakarta dan saya ikut mengawalnya," ungkap Lahum.

Mantan Kadis Pendapatan Kota MEDAN ini juga tidak mengetahui alasan pasti mengenai alasan belum diumumkannya nama-nama peserta honorer K2 dari Kota Medan.

Sampai saat ini, dia juga mengaku belum menerima pemberitahuan dari KemenPAN RB atau BKN terkait pengumuman CPNS CASN 2014 Honorer K2.

"Saya justru tak tahu ada pengumuman. Nanti saya lihat dulu. Kalau MEDAN  belum keluar, mungkin pengumumannya dilakukan secara bertahap," tandasnya.

Ketua Forum Honorer Indonesia (FHI) SUMATERA UTARA, Andi Subakti mengatakan dirinya sudah melihat pengumuman tenaga honorer K2 dan tidak menemukan peserta dari Kota Medan diumumkan.

"Kalau hanya Kota MEDAN  yang belum keluar sedangkan yang lainnya sudah, maka honorer di Kota Medan akan melakukan aksi. Saat ini kami hanya menunggu," tandasnya. (sam/dik/val)

No comments:

Post a Comment

Archive