simulasi CAT TKD CPNS 2016

Wednesday, October 29, 2014

MORATORIUM CPNS MULAI TAHUN 2015

Moratorium CPNS 2015--Info CPNS 2014 dan berita CPNS terbaru hari ini, terkait rencana moratorium CPNS lima tahun, jumlah CPNS mulai dipetakan. Pemerintah mulai menetapkan arah kebijakan ini yang akan mulai berlaku tahun depan.

Moratorium CPNS Dalam opsi yang mungkin diterapkan ada dua kemungkinan. Pertama menutup keran rapat-rapat penerimaan CPNS dan kedua membuka formasi tertentu saja. Untuk saat ini pemerintah tengah lakukan kajian tantang rencana tersebut.


Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, kajian Moratorium CPNS itu untuk melihat peta PNS di seluruh Indonesia.


Penerapan Moratorium CPNS “Paling lambat awal 2015 akan ada kepastian terkait moratorium,” tandasnya di Jakarta belum lama ini.


MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi mengibaratkan jika moratorium CPNS seperti kontemplasi atau merenungkan diri terhadap apa yang sudah dilakukan. Hasilnya sistem birokrasi akan efektif, efisien, dan produktif.


Untuk pengkajian Moratorium CPNS sendiri memperhatikan kondisi saat ini dan proses yang sedang berlangkung akan dibiarkan berjalan hingga selesai.


“Apakah nanti dalam moratorium CPNS akan tetap ada penerimaan atau tidak, akan diputuskan awal tahun depan,” imbuh Herman.


Moratorium CPNS memang sebaiknya dilakukan setelah ada pemetaan. Pemetaan ini ini dari sisi jumlah PNS, kualitas, dan penyebaran. Jika belum ada data, kebijakan itu terlalu riskan untuk dilakukan.


“Kalau kebijakan Moratorium CPNS itu efisiensi bagus-bagus saja. Asalkan harus melalui telaahan,” kata mantan MenPAN-RB Azwar Abubakar.

Sumber: JPNN.

No comments:

Post a Comment

Archive