simulasi CAT TKD CPNS 2016

Thursday, August 21, 2014

WAKTU UJIAN TES CAT CPNS 2014 SELESAIKAN 100 SOAL DALAM 90 Menit

Informasi Soal TES CAT CPNS 2014--Sebanyak 100 soal tes kompetensi dasar (TKD) harus dikerjakan setiap peserta tes CAT CASN CPNS dalam seleksi CPNS September mendatang.

Seratus soal ini harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Itu berarti peserta tes CAT CASN CPNS 2014 hanya punya waktu sekitar 54 detik untuk menjawab satu soal.

Untuk menyiasati hal tersebut, Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyarankan agar peserta mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah terlebih dulu. Dengan demikian waktu tidak tersita untuk soal yang dianggap sulit.

“Harus pintar memanage waktu, yang soal mudah dulu dikerjakan. Jadi sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk mengerjakan soal lainnya,” ujarnya di Jakarta, Jumat (22/8).

Dalam pelaksanaan tes sistem computer assisted test (CAT), soal yang sudah dikerjakan akan berubah warna dari merah menjadi hijau pada bagian bawah sehingga peserta tahu mana nomor soal yang belum dikerjakan. Sementara di luar ruangan peserta, terdapat layar untuk melihat total nilai hasil tes yang dikerjakan peserta di dalam.

"Nah peserta yang sedang ujian tidak dapat mengetahui skornya sebelum menyelesaikan ujian. Inilah yang menjamin transparansi dalam tes,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tes CAT CASN CPNS 2014 dengan sistem CAT, peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi. Peserta yang telah selesai mengikuti tes, dapat mencatat nilai yang langsung muncul di kertas coretan yang telah disediakan panitia.

No comments:

Post a Comment

Archive