simulasi CAT TKD CPNS 2016

Thursday, August 21, 2014

WAKTU MENJAWAB SOAL CAT CPNS 2014 Hanya 54 DETIK


Pengumuman Formasi Lowongan CPNS 2014 Bima Haria Wibisana selaku Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan beberapa tips didalam mengerjakan soal-soal CPNS. Seperti yang dikutip situs menpan, Bima mengungkapkan bahwa para peserta tes CAT CASN CPNS 2014 butuh waktu 54 detik untuk mengerjakan satu soal.


Padahal ada sekitar 100 soal dan disediakan waktu sekitar 90 menit didalam mengerjakan pada tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) ini. Sehingga untuk menyiasati waktu yang pendek tersebut, Bima memberikan saran untuk mengerjakan soal yang mudah dahulu.


Sehingga sisa waktu dapat digunakan untuk menjawab soal yang lainnya. Selain itu pelajari kisi-kisi soal yang berisikan wawasan kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya, NKRI, tata negara, dan yang lainnya.


Untuk tes intelegensia umum bertujuan untuk mengukur kemampuan intelegensi dari seseorang yang didalamnya ada kemampuan verbal dan analisis sistematis. Sedangkan untuk tes karakteristik pribadi (TKP) menguji kemampuan dari seseorang untuk dapat beradaptasi dan juga berprestasi.



Disarankan nilai TKP yang diperoleh jangan di bawah angka 70. Hal ini dikarenakan jika dibawah standar tersebut maka Anda dinilai tidak memiliki karakteristik yang memadai serta dinilai sebagai SDM yang susah untuk dikembangkan.


Nantinya peserta tes CASN CPNS 2014 akan mendapatkan sebanyak 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Dimana dari keseluruhan tersebut, 60% soal TIU harus dijawab dengan benar, 50% untuk soal TWK, dan 40% untuk soal TKP.


Sehingga jika kurang dari pasing grade maka peserta tidak dapat lulus. Nantinya yang ikut dalam tes CAT CASN CPNS 2014 dengan sistem CAT, tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi.

No comments:

Post a Comment

Archive