simulasi CAT TKD CPNS 2016

Sunday, August 31, 2014

Panselnas.menpan.go.id CPNS 2014: Pemda TEBO Buka 145 Formasi Lowongan

Panselnas.menpan.go.id Pendaftaran Formasi CPNS 2014--Perjuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tebo menambah jumlah kuota Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 akhirnya membuahkan hasil. Kabar baik ini datang setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesai (KemenPANRI) menyetujui adanya penambahan formasi untuk Kabupaten Tebo.


Dari 400 formasi tambahan yang diajukan Pemda Tebo, pihak Menpan menyetujui 145 Formasi tambahan. Dengan adanya tambahan formasi tersebut, maka jumlah total formasi CPNS Kabupaten Tebo yaitu 234 formasi, karena sebelumnya Menpan telah menyetujui sebanyak 89 formasi untuk Kabupaten Tebo.


Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Tebo melalui Sekretaris BKPP, Eko Nuryanto saat dikonfirmasi kemarin (31/0), mengatakan, Menpan menambah kuota Formasi untuk Kabupaten Tebo menjadi 234 Formasi, dari formasi sebelumnya sebanyak 89 formasi. “Alhamdulillah usulan penambahan formasi disetujui oleh Menpan. Jadi, totalnya Kabupaten Tebo mendapat 234 Formasi CPNS 2014,” ujar Eko,

kemarin.


Dikatakannya, saat ini formasi CPNS sudah sampai di Kabupaten Tebo. Hanya saja belum bisa diumumkan rinciannya karena harus mendapat persetujuan dan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Tebo. “Formasi sudah kita terima dan saat ini tengah disusun. Namun, sebelum diumumkan berkas formasi harus diteken Bapak Bupati terlebih dahulu,” jelasnya.


Lanjutnya, untuk pelaksanaan tes, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan rapat koordinasi di Jambi. Hal itu untuk menentukan jadwal pendaftaran dan jadwal tes. Karena, diperkirakan jadwal pendaftaran dan jadwal tes akan dilaksanakan serentak se-Provinsi Jambi. “Kalau rencananya, pendaftaran akan dibuka pada Rabu (3/9) hingga

Rabu (17/10) mendatang, tapi kita harus rapat koordinasi dulu dengan pihak provinsi,” sebutnya.


Eko menambahkan, tes akan menggunakan sistem CAT dengan masing-masing satu peserta satu komputer. Namun, sebelum mengikuti tes, peserta terlebih dahulu harus mendaftar di situs resmi panselnas. Setelah mendaftar, peserta akan mendapatkan username dan password. Selanjutnya, username dan password tersebut digunakan untuk registrasi di situs BKN, dan dari situs BKN itulah akan didapat print out yang harus dilampirkan oleh peserta saat memasukkan berkas di BKKP

Tebo. “Setelah melakukan registrasi di situs panselnas dan menpan, peserta harus juga mendaftar di BKKP sambil melampirkan print out dari Menpan,” pungkasnya.


Kabar menggembirakan juga datang dari Kabupaten Sarolangun. Hari ini, (1/9) pendaftaran untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2014, di Kabupaten Sarolangun positif dibuka. Jadwal ini, sesuai yang diungkapkan Sekda Sarolangun, Thabroni Rozali dua hari yang lalu. Sekretaris BKP2D Sarolangun, Febrianti tadi malam (31/8), juga mengatakan hari ini CPNS Sarolangun sudah dibuka. Namun, sesudah rapat kesiapan internal yang dilaksanakan pihak, BKP2D Sarolangun dan paling lambat akan dibuka pada sore harinya.

"Rencananya memang besok (hari ini,Red) sudah akan dibuka pendaftarannya, tapi mungkin agak sore sedikit, karena kami masih mau mengadakan rapat internal, untuk persiapan penerimaan CPNS ini," ujar Febrianti melalui seluler. Ia pun menyampaikan, bahwa pengumuman formasi juga belum bisa ditampilkan di media, dan bisa lihat di online dahulu. "Untuk pengumuman soal formasinya bisa dilihat di online dahulu, dan saat ini belum bisa kita mediakan takut ada perubahan. Kita juga masih saling koordinasi dengan kabupaten lain yang sama-sama menerima CPNS tahun ini," rinci Febrianti.


Sementara itu, Thabrani mengakui persyaratan CPNS harus memiliki KTP Sarolangun belum bisa dipastikan. Dikatakannya, kita mempunyai hak yang sama sebagai Warga Negara Indonesia. "Soal persyaratan KTP itu, ini yang sedang mau kita bahas dalam rapat. Sebenarnya tidak ada ketentuannya," kata Thabroni. CPNS Tahun 2014 ini, menerima sebanyak 191 CPNS. Dalam perekrutan CPNS 2014 ini, Sarolangun mendominasi penerimaan Formasi Guru, dan Tenaga Medis.


Sementara itu, dari Kabupaten Bungo hingga sore kemarin (31/8), penerimaan CPNS belum banyak perkembangan. Portal Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), http://panselnas.menpan.go.id, belum menyajikan data rinci soal formasi daerah terutama Kabupaten di Provinsi Jambi.

Untuk Bungo misalnya, dalam portal satu-satunya untuk pendaftaran CPNS secara online itu masih tertulis dalam proses. Kabar gembira bagi pemburu abdi negara ini, sebelumnya diinformasikan bakal dapat jatah formasi tambahan, jumlahnya diperkirakan mencapai 200 formasi.


Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Bungo, Yusuf mengaku menerima informasi secata lisan penambahan formasi tersebut. "Mungkin menjadi 200, dari sebelumnya 96," tutur M. Yusuf saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di ruang kerjanya. Namun dikatakannya, 200 formasi CPNS untuk Bungo tersebut belum tanda tangani oleh Kemenpan-RB. Pihak BKD hingga sore kemarin masih menunggu berkas tersebut ditandatangani Kemenpan, Azwar Abubakar.


Lalu apa yang menjadi alasan sehingga prosesnya begitu molor, Yusuf mengaku molornya pengumuman akibat masih mengotak-atik formasi. "Secara lisan sudah, tapi sekarang masih menunggu otak-atik jurusan," ucapnya. Maka dari itu dikatakan Yusuf, sebelum proses tersebut selesai diminta kepada calon pelamar untuk bersabar. Meski diakui informasi itu sangat dibutuhkan masyarakat, tapi sambungnya daerah tak bisa berbuat banyak selain mengikuti proses yang ada. (bee/usa/muz/rul)

No comments:

Post a Comment

Archive