simulasi CAT TKD CPNS 2016

Wednesday, January 22, 2014

Ini Keuntungan Memakai Sistem Computer Assisted Test (CAT) Pada Ujian Tes CPNS 2014


UNTUK MEMUDAHKAN ANDA DALAM MEMAHAMI SISTEM COMPUTER ASSISTED TEST (CAT) TERBARU PADA CPNS CASN 2014 KLIK GAMBAR DIBAWAH INI

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijn41hxbZnWIqxopDzPXN7JvQRCyy0ZGbbFwVp8HT5cD5mKfMSc1sNGbvOiPuF7m-TndwXgDIsGGy219l-ZKgzve2wVInZYJbcvkQf9ZBJLIqX8aM7xXKr0e9e8gKD7pT-HqWXT4sXsG6t/s1600/728x90-Green.gif


Sistem Computer Assisted Test (CAT) — Untuk menanggulangi kecurangan yang mungkin terjadi pada Jadwal penerimaan CPNS/CASN 2014, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mewajibkan seluruh instansi yang membuka Lowongan Penerimaan CPNS/CASN 2014 diwajibkan akan menggunakan TES CAT (Computer Assisted Test) Penerimaan CPNS/CASN 2014 dengan melakukan penerapan sistim terbaru pada Penerimaan CPNS/CASN 2014 berbasis komputer untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014. Kementerian berharap Computer Assisted Test (CAT) bisa menggantikan isian Lembar Jawaban Komputer (LJK).


Jadwal penerimaan CPNS/CASN 2014 pada tahun ini akan dimuka mulai bulan juni-juli 2014.

"Targetnya pada tahun 2014 seluruh instansi yang menggelar Seleksi Penerimaan CPNS/CASN 2014, bisa menggunakan Sistem Computer Assisted Tes (CAT)," ujar Staf Khusus Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian PAN dan RB Supardiana. Menurut Supardiana, sistem CAT bisa meminimalisir kecurangan dalam proses pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS/CASN 2014.

Mengingat pelaksanaan seleksi Penerimaan CPNS/CASN ditahun tahun belakangan ini sangat banyak keuntungan jika pelaksanaan seleksi Penerimaan CPNS/CASN 2014 jika menerapkan Sistem Computer Assisted Tes (CAT).


Metode tes ini dikatakan juga dapat dengan segera menampilkan hasil akhir seleksi Penerimaan CPNS/CASN 2014 di akhir tes,lulus atau tidak. Tentu hal ini akan mempermudah semua peserta yang mengikuti peserta tes seleksi Penerimaan CPNS/CASN 2014. baik penyelenggara maupun peserta tes CPNS/CASN 2014 sendiri. Tetapi dalam prakteknya, masih banyak lembaga yang masih tetap menggunakan metode LJK, dengan berbagai alasan seperti masih terbatasnya sarana untuk menyelenggarakan tes seleksi penerimaan CPNS/CASN 2014 secara CAT. Kementerian memang masih memperbolehkan instansi yang menggelar seleksi Penerimaan CPNS/CASN 2014 untuk memilih menggunakan sistem CAT atau memakai metode konvensional dengan lembar jawaban komputer (LJK). Metode tes yang kedua ini, lanjut Supardiana, memang dinilai rawan manipulasi.


Itu artinya pemerintah selaku panitia pelaksana seleksi penerimaan CPNS/CASN 2014 hanya memiliki waktu beberapa bulan untuk berkoordinasi dengan lembaga penyelenggara seleksi CPNS/CASN 2014 di setiap daerah untuk mempersiapkan metode ini.  Untuk itu, Kementerian PAN dan RB meminta instansi yang membuka lowongan penerimaan CPNS/CASN 2014 agar menyiapkan sarana yang diperlukan untuk menggelar pelaksanaan penerimaan CPNS/CASN 2014 memakai sistem Computer Assisted Tes (CAT). "Bisa saja nanti mereka mengumpulkan 100 komputer atau laptop yang diperlukan untuk tes seleksi penerimaan CPNS/CASN 2014 di satu tempat, untuk kemudian digilir di lokasi tes lain," kata Supardiana. Meskipun tes seleksi Penerimaan CPNS/CASN 2014 pelaksanaan nya tidak serempak, soal CAT dinilai masih memiliki peluang bagi pelaksanaan penerimaan CPNS/CASN 2014 minim kebocoran.


Dikatakan juga bahwa pada software penunjang CAT ini, soal yang dikeluarkan tidak dapat diperkirakan. "Saya saja yang membuat software CAT untuk seleksi penerimaan CPNS/CASN 2014 tak bisa tahu soal apa yang akan dikeluarkan bagi setiap peserta yang mengikuti tes penerimaan CPNS/CASN 2014," ujar Bayu.


Selain itu, ada beberapa evaluasi juga yang akan dilakukan. Seperti perbaharuan soal berkala. Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Rekrutmen Endar Setiawan mengatakan jika soal tes penerimaan CPNS/CASN 2014 yang sudah pernah digunakan tidak akan digunakan kembali untuk tes berikutnya. (Ben)

No comments:

Post a Comment

Archive