simulasi CAT TKD CPNS 2016

Friday, September 21, 2012

Nilai Passing Grade Kelulusan Ujian TKD CPNS 2012

Berapa Nilai Passing Grade Kelulusan TKD CPNS 2012? Banyak peserta ujian tulis Tes Kompetensi Dasar (TKD) mencari jawaban Berapa Nilai Passing Grade sebagai standar ambang batas minimal Kelulusan Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2012. Karena yang dinyataan lulus ujian tulis CPNS 2012 TKD adalah para peserta dengan nilai melampaui Nilai Passing Grade Kelulusan Ujian TKD CPNS 2012 yang ditentukan oleh Kemenpan RB.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus TKD adalah yang berhak mengikuti ujian tahap selanjutnya yaitu Test Kompetensi Bidang (TKB). Berbeda dengan TKD, TKB tidak berlaku bagi jurusan formasi tertentu. TKB terutama harus di ikuti oleh formasi guru dan formasi lainnya. Info TKB>>

Sayangnya tidak ada standar yang dikeluarkan untuk Nilai Passing Grade Kelulusan Ujian TKD CPNS 2012. Padahal sebelumnya dikabarkan Untuk transparansi penerimaan CPNS yang dimulai tahun 2012 ini, salah satu terobosan Kemenpan RB adalah Pengumuman Hasil Ujian Tertulis CPNS 2012 akan diumumkan dengan mencantumkan Nilai dan Passing Grade TKD sehingga peserta ujian dapat mengetahui alasannya, kenapa dia tidak lulus tes atau kenapa dia lulus. 

Namun janji ini tidak bisa ditepati dengan alasan yang belum dijelaskan sampai saat ini. Hasil ujian tulis TKD CPNS 2012 ternyata hanya mencantuman nilai tanpa adanya passing grade sebagai ambang batas kelulusan TKD CPNS 2012 sebagai syarat mengikuti TKB.

Jadinya peserta banyak yang dibingungkan, seolah sia-sia pengumuman yang dimuat pada situs Kemenpan RB, karena untuk mengetahui seseorang lulus TKD atau tidak tetap harus menunggu pengumuman yang disampaikan oleh masing-masing instansi yang dilamar.

Ini Dia Nilai Passing Grade Kelulusan Tes TKD CPNS 2012

Passing Grade (Nilai Ambang Batas Minimal) Tes Komptensi Dasar (TKD) CPNS, seperti dikutip dari situs Kemenpan RB:



No

Tingkat Pendidikan
Nilai
ambang batas (Passing Grade)

Keterangan
1
SLTA/Sederajat
25


5


5
50 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

10 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

10 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

2
DII/DIII/Sederajat
27,5


7,5


7,5
55 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

15 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

15 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

3
SI/DIV, S2, S3 sederajat
30


15


10
60 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

30 jawaban benar dari 50 soal Test Intelegensia Umum (TIU)

20 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


Keterangan:
- TKD CPNS digelar 8 September lalu
- Jumlah soal TKD mencapai 200 butir
- Jika benar mendapatkan nilai 0,5. Sehingga Jika benar semua, dapat nilai 100.

Peserta yang nilainya melebihi passing grade tidak otomatis lulus menjadi CPNS.Ada beberapa bidang pekerjaan yang masih mengharuskan mereka untuk ikut tes kompetensi bidang (TKB). Di antaranya adalah guru. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah membuat butir-butir soal untuk TKB yang direncanakan berbentuk ujian tulis. 

Berapa jumlah nilai Anda..? Silakan berbagi pada kolom komentar dibawah.
Selamat bagi yang lulus TKD dan persiapkan diri menghadapi TKB yang pasti level persaingannya lebih sulit karena semua peserta adalah yang sudah terbukti bisa di TKD. Info TKB >>>

No comments:

Post a Comment

Archive