simulasi CAT TKD CPNS 2016

Monday, September 24, 2012

Ini Dia Nilai Passing Grade Kelulusan Tes TKD CPNS 2012

Banyak pelamar CPNS 2012 yang menanyakan berapa nilai passing grade Kelulusan Tes TKD CPNS 2012. Sebelumnya Kemenpan RB menyatakan akan memuat nilai passing grade pada pengumuman hasil ujian TKD CPNS 2012. Tapi saat hasil tes TKD sudah bisa di akses nilai passing grade CPNS 2012 sebagai ambang batas kelulusan CPNS tidak jadi dimuat dalam pengumuman, yang ada hanya daftar nilai sehingga peserta tidak mengetahui dia lolos passing grade atau tidak.

“Wakil Presiden sudah menegaskan agar passing grade tidak diturunkan. Kalau ada instansi yang minta menurunkan untuk jabatan tertentu, saya tidak merekomendasikan,” ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Ramli Naibaho dalam rapat koordinasi dengan 41 instansi penyelenggara rekruitmen CPNS, di Jakarta, Senin (25/9).

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Ramli E. Naibaho mengatakan, ada sejumlah instansi yang menuntut passing grade diturunkan. Namun, permintaan itu tidak akan dituruti. "Wakil Presiden sudah menegaskan agar passing grade tidak diturunkan," katanya setelah rapat koordinasi dengan 41 instansi penyelenggara tes CPNS di Jakarta kemarin (25/9).    

Passing grade untuk pelamar lulusan SMP/sederajat, misalnya, hanya ditetapkan skor 25 untuk bidang kataristik pribadi. Sedangkan untuk bidang intelegensi umum dan wawasan kebangsaan hanya diperlukan bobot skor 5. Dengan setiap butir soal yang memiliki nilai 0,5 jika benar, sejatinya tidak terlalu sulit mengejar passing grade tersebut. Apalagi jumlah soal yang diujikan ada 200 butir.    


Ini Dia Nilai Passing Grade Kelulusan Tes TKD CPNS 2012

Passing Grade (Nilai Ambang Batas Minimal) Tes Komptensi Dasar (TKD) CPNS, seperti dikutip dari Depdagri:


No

Tingkat Pendidikan
Nilai
ambang batas (Passing Grade)

Keterangan
1
SLTA/Sederajat
25


5


5
50 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

10 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

10 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

2
DII/DIII/Sederajat
27,5


7,5


7,5
55 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

15 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

15 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

3
SI/DIV, S2, S3 sederajat
30


15


10
60 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

30 jawaban benar dari 50 soal Test Intelegensia Umum (TIU)

20 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


Keterangan:
- TKD CPNS digelar 8 September lalu
- Jumlah soal TKD mencapai 200 butir
- Jika benar mendapatkan nilai 0,5. Sehingga Jika benar semua, dapat nilai 100.

Peserta yang nilainya melebihi passing grade tidak otomatis lulus menjadi CPNS.Ada beberapa bidang pekerjaan yang masih mengharuskan mereka untuk ikut tes kompetensi bidang (TKB). Di antaranya adalah guru. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah membuat butir-butir soal untuk TKB yang direncanakan berbentuk ujian tulis. Info TKB>>>

No comments:

Post a Comment

Archive